TEMU REFLEKSI DAN UPGRADING KETUA KATEKESE SE-KAJ DAN KOORD. DPH BID PEWARTAAN: SEMAKIN MENGASIHI, SEMAKIN TERLIBAT, SEMAKIN MENJADI BERKAT

Pada hari yang berbahagia ini sabtu, 15 Mei 2021 kita dapat bertemu dengan semua teman2 dan Bapak ibu Ketua Sie Katekese, wakil , sekretaris , bendahara dan Bapak ibu DPH pendamping bidang pewartaan dari seluruh Paroki se Keuskupan Agung Jakarta dan juga dengan para pengurus Komisi Kateketik KAJ. Dan kita bisa saling menyapa serta melepas rasa rindu/kangen kita walau perjumpaan kita melalui virtual.

Setiap satu tahun sekali Komkat KAJ selalu mengadakan Pertemuan kepada Ketua Sie Katekese Paroki untuk mengadakan Rapat Pleno, Pembinaan Iman serta Evaluasi program Katekese dekenat dan Paroki. Namun tahun 2020 saat merebaknya pandemic, Pertemuan dengan ketua sie Katekese melalui webinar ini.

Komisi Kateketik (KOM-KAT) adalah perangkat keuskupan yang membantu Uskup dalam karya katekese di KAJ, dengan cara memfasilitasi dan mendampingi katekis paroki, guru agama di sekolah negeri, sekolah swasta umum maupun sekolah swasta Katolik, serta pembina bina iman anak dan remaja.

Komisi kateketik KAJ berfungsi sebagai : Koordinator, Inspirator, fasilitator, Animator, creator bagi Katekese di KAJ, antara lain:
a. Memonitor perkembangan Katekese sebagai konteks kegiatan katekese secara kontekstual.

b. Memfasilitasi kegiatan katekese yang sudah menjadi kebijakan Keuskupan dalam pelbagai bentuknya dengan pelbagai cara dalam kerjasama dengan pelbagai pihak:
– Memberikan inspirasi kegiatan pembinaan iman di Paroki-paroki
– Menggerakkan kegiatan katekese umat dengan menyusun renungan-renungan dan modul-modul serta buku- buku Pendalaman iman sebagai referensi.

c. Membangun kerjasama:
– Komisi Kateketik KAJ berusaha untuk membangun kerjasama yang erat dengan KomKat-komisi di Keuskupan dengan saling bersinergi sehingga terjadi Katekese yang memerdekakan.                                                                                                                   

– Menjalin kerjasama dengan dengan pihak lembaga keagamaan lain untuk dapat bersinergi                                                                                                                                                                                                

 – Bekerjasama dengan Sie Katekese Paroki- Paroki se Keuskupan Agung Jakarta.                                            – Membangun kerjasama dengan Pendidikan Tinggi bidang Kateketik yang berada di bawah naungan Departemen terkait, dan Bimas Katolik di wilayah Keuskupan                                  

 d. Mengadakan kunjungan-kunjungan animasi ke Paroki-paroki.

Mekanisme Pelayanan Komkat KAJ untuk:
Divisi Bina Iman Anak :
Memfasilitasi, mendampingi dan melaksanakan kegiatan pendampingan pembina bina iman anak di dekanat atau paroki. Kegiatan dalam bentuk paket pelatihan, rekoleksi, loka karya, pembuatan buku modul sesuai dengan hasil raker tahunan.


Divisi Bina Iman Remaja :
Memfasilitasi, mendampingi, melaksanakan kegiatan pendampingan pembina dan pengembangan bakat serta potensi remaja di dekenat atau paroki (pelatihan, sosialisasi BIR, retret, lomba cipta lagu atau gambar atau mengarang).

Divisi Sekolah :
Memfasilitasi, mendampingi, membina pembinaan guru-guru agama di sekolah negeri atau swasta umum atau swasta katolik dalam pengembangan sumber daya dari segi intelek tualitas, spiritualitas, motivasi, peran dan hidup panggilan sebagai guru agama. Kegiatan pelayanan tersebut sejalan dengan hasil raker tahunan.
Divisi Program Pembina Lanjut Katekis (PPLK) :
Memfasilitasi, melaksanakan pembinaan para katekis Paroki di dekenat, agar semakin berdaya tahan dan berdaya pikat dalam berkatekese. Kegiatan tsb dalam bentuk pelatihan kursus dasar dan lanjutan katekis di Paroki dan dekenat, Pembinaan Iman, pembuatan buku panduan sesuai kesepakatan hasil raker tahunan.

Dan pada hari ini Sabtu ini kami dapat berkesempatan untuk mengundang Ketua Sie Katekese dan DPH Pendamping bidang Pewartaan untuk dapat merefleksikan dan Upgrading pembinaan Iman yang dapat berguna untuk pelayanan di Paroki. Dan peserta dalam kegiatan virtual ini sebanyak 185 orang dari 67 Paroki se Keuskupan Agung Jakarta.

Para narasumber pada sore ini ialah :

  1. Ibu Theresia – Berbicara tentang Program Karya Komisi Kateketik tahun 2021.
  2. Rm Romanus Heri Santoso Pr – Berbicara tentang Pelayan yang tulus hati dan SIGAP : belajar dari St Yusuf.
  3. Rm Rudy Hartono – berbicara tentang Moderasi Beragama.                                                      

Kegiatan ini di pandu dan di moderatori oleh Kak Andre Wibawa, M.Si

Terima kasih atas respon dan kehadiran Suster, bapak ibu semua, semoga pelayanan bersama ini dapat berbuah. Dan mempunanyai iman yang tangguh bagi umat di Keuskupan Agung Jakarta.

Salam sehat dan Salam Katekese

Theresia Eka Murti

Sekretaris Komisi Kateketik KAJ

SILAHKAN DOWNLOAD BAHAN WEBINAR DI BAWAH INI:

http://bit.ly/BahanWebinarTemuKetuaKatSeKAJ2021

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.