KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBINAAN IMAN

Komisi Kateketik KAJ bergerak di bidang Katekese yang artinya Komisi kateketik memberikan Pembinaan Iman kepada umat baik di Paroki maupun di sekolah2;  pembinaan anak-anak, kaum muda dan orang dewasa dalam iman, khususnya mencakup penyampaian ajaran Kristiani, yang pada umumnya diberikan secara sistemastis, dengan maksud mengantar umat yang mendengar memasuki kepenuhan hidup. Dengan kata lain, untuk menolong umat agar semakin memahami, menghayati dan mewujudkan iman katoliknya dalam kehidupan sehari-hari. Di dalamnya terdapat unsur pewartaan, pengajaran, pendidikan, pendalaman, pembinaan, pengukuhan serta pendewasaan. Metode yang sesuai perlu dicarikan agar katekese dalam berbagai bentuknya bergema dalam hati pendengar dan berbuah nyata.

Hari Sabtu tanggal 13 Maret 2021, Jam 15.30 – 17.30 para Guru-guru Agama  bertemu kembali dengan Komisi Kateketik KAJ dalam virtual dan mengajak suster, bruder, frater dan Bapak ibu guru agama diajak untuk menjadi AGENT 0F CHANGE OR TRANSFORMATION. Ada tanggung jawab kita sebagai Pembina, pendidik, pembimbing di sini, dimengerti bukan sebagai kewajiban (beban), tetapi komitmen sebagai panggilan untuk bersekutu, bersaksi dan melayani.

Dalam hal ini ada kata transformasi yang dimaksudkan sebagai perubahan bentuk yang lebih dari atau melampaui perubahan bungkus luar saja. Kalau kata tersebut ditujukan bagi hidup rohani, dan lebih khusus yakni hidup kristiani kepada anak-anak didik kita. Mendidik adalah proses transformasi khususnya kerohanian kepada peserta  didik agar mereka memiliki perubahan kearah kedewasaan rohani secara aktif. Peranan guru sebagai agen transformasi bukan hanya untuk mengajar, menuntun, membimbing, akan tetapi menyatakan kebesaran Allah melalui pembelajaran. Guru mengajar dengan hati yang tulus serta mengandalkan kekuatan Roh Kudus dalam dirinya. Guru Kristian diharapkan untuk mengenali dengan baik situasi dan kondisi siswa di dalam kelas karena akan sangat mempengaruhi pembelajaran yang akan berlangsung.

Nah pada hari sabtu, 13 maret 2021 kita belajar tentang TRANSFORMASI DAN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBINAAN IMAN, dan kita belajar tentang  hal tersebut dari  Narasumber yang mentransform pengetahuan Iman kepada suster, bruder, frater dan Bapak ibu guru agama sekolah. Yaitu :

  1. Ibu Theresia Eka Murti, Sekretaris Komisi Kateketik KAJ
  2. Rm Victorius Rudy Hartono Pr, Ketua Komisi Kateketik KAJ, dan juga sebagai Socius Tahun Orientasi Rohani KAJ di wisma Puruhita.
  3. Bapak Stanislaus Hendro Budyanto, pengurus Komisi Kateketik KAJ Divisi sekolah.
  4. Dan Moderator acara ini adalah Selni, Pengurus Komkat KAJ, Pengajar BIA dan sebagai Ketua Sie Katekese Paroki Matraman.

Rundown Pembinaan Iman Guru Agama Sekolah sebagai Berikut:

  • Doa Pembukaan – Selni, Pengurus Komkat KAJ
  • Pembukaan oleh Ibu Thereseia Eka Murti, Sekretaris Komkat KAJ
  • Sesi Semakin Mengasihi Semakin Terlibat Semakin menjadi Berkat – Oleh Rm Rudy Hartono Pr.
  • Sesi Kecerdasan Emosional dalam Pembinaan Iman oleh Stanislaus Hendro Budyanto.
  • Perkenalan dengan PT ELP (Ethos Logos Pathos) dan PT Kanisius.
  • Doa Penutup.

Terima Kasih atas suportnya kepada PT ELP yang memfasilitasi Zoom Pembinaan Iman Guru-guru Agama sekolah TK – SMA sehingga acara berjalan dengan lancar dan baik. Dan juga Terima Kasih kepada PT Kanisius yang memberikan support berupa buku-buku dalam bentuk doorprize kepada para guru-guru agama. Dan juga Terima Kasih kepada para donasi yang mensuport hadiah kuota @ Rp 200.000,- kepada 5(lima) orang guru-guru sekolah. Dan tak lupa Terima Kasih banyak kepada Pengurus Komisi Kateketik yang telah mensuport kegiatan ini.

Salam Katekese,

Kak There – Sekjen Komkat KAJ

SILAHKAN DOWNLOAD BAHAN WEBINAR DI BAWAH INI:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.