DOWNLOAD RENUNGAN BKSN 2018 TINGKAT TK-SD-SMP-SMA KOMKAT KAJ

KATA PENGANTAR

 

Tema Bulan Kitab Suci Nasional 2018 khususnya untuk Keuskupan Agung Jakarta adalah: “Bersatu dalam Terang Firman.” Tema ini tentu saja merupakan penjabaran dari sila Pancasila, yakni Sila ketiga, ‘Persatuan Indonesia’ yang menjadi pusat refleksi dan gerakan umat di Keuskupan Agung Jakarta pada tahun 2018 ini. Dengan tema Bersatu Dalam Terang Firman umat Katolik di Keuskupan Agung Jakarta diajak untuk memahami, mendalami dan menghayati sabda Allah dalam konteks Gereja Katolik Indonesia khususnya Gereja Katolik Keuskupan Agung Jakarta yang 100% Katolik dan 100% Indonesia.

Gagasan 100% Katolik mendorong umat beriman untuk mengerti dan menghayati iman Kekatolikan secara sungguh-sungguh termasuk mengerti dan menghayati sabda Allah yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Dengan demikian setiap umat Katolik siap untuk mempertanggungjawabkan imannya termasuk dalam dialog-dialog yang dianggap perlu dengan saudara sebangsa dan setanah air yang berbeda agama dan keyakinan. Sementara gagasan 100% Indonesia mendorong setiap umat beriman Katolik untuk menghargai, mencintai dan mengamalkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang mengikat dan mempersatukan Indonesia sebagai satu bangsa. Salah satu wujud dari gasan 100% Indonesia adalah dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang belakangan ini mulai dipinggirkan.

Sabda atau Firman Allah tidak memecah belah manusia. Sebaliknya Firman Allah menyatukan manusia yang membuka hatinya dan memiliki kemauan yang baik. Firman Allah dapat memecah belah, jika setiap manusia menutup hatinya dan menafsirkan sendiri Firman Allah. Maka, bagi orang yang menutup hatinya, Firman Allah membawa mereka kepada kegelapan dan kesesatan. Sementara bagi mereka yang membuka hatinya, Firman Allah akan membawa mereka kepada terang dan kebenaran yang hakiki, yakni Allah sendiri.

Kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para penulis renungan: Yulianti Hadinda, St. Hendro Budiyanto, Ancella Lioktriani Rante, Markus Masan Bali, Henny Angeline Paliling, Bambang Putut, Deslita Br. Tarigan, Pankrasius Niksan, Irene Caronima S.,Antonius Sinaga, Ruci Mojoprasthi dan Katrin Sudaryani. Semoga BKSN 2018 ini kita semua semakin semarak dan penuh makna, bersama Sabda-Sabda Tuhan yang telah diterjemahkan dalam bentuk renungan menjadi sesuatu yang menggerakkan dan memotivasi kita menuju persatuan Indonesia dalam Terang Firman Allah.

Tuhan Yesus memberkati,

Rm. V. Rudy Hartono, Pr (Ketua Komisi Kateketik KAJ)

SILAHKAN DOWNLOAD DI BAWAH INI:

1. TK_BKSN 2018 KOMKAT KAJ

2. SD_BKSN 2018 KOMKAT KAJ

3. SMP_BKSN 2018 KOMKAT KAJ

4. SMA_BKSN 2018 KOMKAT KAJ

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.