DOWNLOAD BAHAN PEMBINAAN GURU AGAMA NEGERI DAN PAROKI (PERSINK)

PENGANTAR PERTEMUAN:
Selamat datang  dan terima kasih kepada yang Terhormat Para Narasumber Pembinaan Guru Agama Katolik sekolah negeri dan Paroki yang diadakan pada tanggal 12 September 2021, yaitu :

  • Romo Carolus Putranto Tri Hidayat Pr ( Ketua Komkat KAJ )
  • Rm  Victorius Rudy Hartono Pr ( Romo Paroki Alam Sutra )
  • Bapak Dr. Salman Habeaan ( Pembimas Katolik Kanwil DKI Jakarta )
  • Ibu Dra Linda Siregar  (Kepala Suku Dinas pendidikan Jakarta Timur 1)
  • Ibu Dr. Chatarina Muliana, SH.,SE.,M.H – Inspektur Jenderal Kemendikbudristek & Plt. Staf Ahli Menteri Bidang Regulasi.

Dan selamat datang kepada  Para undangan Bapak ibu guru agama sekolah Negeri dan Paroki ( Persink ), yang dapat hadir secara offline di Pusat Pastoral Samadi dan juga  yang hadir secara Online dari rumah masing-masing.

Pada tgl 12 September 2021, Komisi Kateketik KAJ bersama Bimas Katolik wil DKI Jakarta, menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Iman Guru agama sekolah Negeri, sekolah swasta non Katolik dan sekolah di Paroki (Persink), dengan tujuan untuk melengkapi para Guru Sekolah Negeri dan Paroki untuk menyemangati pelayanan para guru agama di sekolah negeri dan Paroki dan mengupdate pengetahuan iman dan juga ketrampilan  secara tehnis dalam mengajar dan belajar.

Dan kami Mengucapkan Terima Kasih kepada Bapak Dr. Salman Habeaan selaku Pembimas Katolik wil DKI Jakarta atas support dan dukungan nya kepada kami khususnya para pewarta/guru di sekolah negeri dan juga Paroki. Untuk mendapatkan pembinaan secara continue. Dan kita ketahui masih banyak anak-anak Katolik yang belum mendapat kan pengajaran agama Katolik di sekolah Negeri,  yang di karena kan kekurangan Guru-guru Agama di wilayah KAJ khusus nya wilayah DKI Jakarta, sehingga para Bapak dan ibu pewarta Guru Agama yang tergerak hatinya untuk dapat melayani anak-anak Katolik di Sekolah Negeri dan juga di Paroki.  Semoga sinergi ini tidak putus atau terhenti, karena dengan support dan dukungan dari BIMAS KATOLIK Wilayah DKI ini, kami para Guru agama menjadi Semangat dalam Mewartakan kabar sukacita injili kepada anak didik kami di sekolah dan Paroki.

Mengucapkan Terima Kasih kepada para narasumber yang telah hadir untuk memberikan Pembinaan pengetahuan kepada Bapak ibu Guru sekolah Negeri , serta mempresentasikan Materi nya sehingga para Guru mendapatkan banyak pengetahuan yang update.

Pesan Penting dari Bapak  Dr. Salman Habeaan  MM (Pembimas Katolik Kanwil DKI) :

  1. Diharapkan formasi guru agama ada semacam estabilitasi surat keputusan bersama (SKB) Kemendikbud Ristek; Kementerian Agama; Menpan RB; Kemendagri. Diharapkan anak yang bersekolah di sekolah negeri kedepannya bisa mendapatkan hak-nya. Diharapkan pertemuan ini bisa melakukan optimalisasi agar pengajaran pendidikan agama lebih optimal kembali.
  2. Pembimas berharap dukungan seluruh stakeholder sekolah khususnya orangtua murid dalam menerima pendidikan agama di paroki; diharapkan mereka bisa memberikan dukungan dan bisa bersinergi dengan Bapak/Ibu guru di sekolah. Diharapkan dalam pengajaran agama katolik di paroki tidak harus menyamakan kurikulum di sekolah, namun anak-anak bisa didampingi agar lebih terbina imannya sehingga bisa lebih baik dari sekolah negeri. Kerjasama dengan Komkat KAJ bisa membantu Bimas Agama Katolik DKI Jakarta dalam memberikan penyuluhan dan penerimaan guru agama katolik non ASN khususnya.

Bapak dan ibu semua, Kegiatan kita adalah Pembinaan Guru agama sekolah negeri dan Paroki, sekaligus mau mengucapkan farewell kepada Rm Rudy Hartono Pr, yang telah selesai tugasnya di Komisi Kateketik KAJ, efektif tgl 01 Agustus 2021 dan yang telah mendampingi  para Katekis dan guru agama selama hampir 10 tahun. Romo Rudy telah banyak memberikan inspirasi bagi kita semua untuk dapat Mewartakan dan memberikan teladan hidup para pewarta khususnya Guru Agama Katolik sekolah Negeri maupun Swasta dan memberikan  inspirasi yang indah “ MENJADI KATEKIS SEUMUR HIDUP”, dan saat ini Rm Rudy dipindah tugasnya sebagai Pastor rekan Paroki Alam Sutra Tangerang. Terima Kasih Mody atas karya-karya yang begitu banyak dan dasyat yang telah diterima oleh Guru-guru Agama Katolik di lingkungan Keuskupan Agung Jakarta, kami percaya Tuhan memberikan RahmatNya didalam tugas pelayanan Mody kedepan. Terima Kasih Mody dan Selamat berkaya di Paroki Alam Sutra.

Dalam acara ini kami Membuat urutan Rundown sebagai berikut :

Pada pukul delapan pagi, acara diawali dengan Perayaan Ekaristi bersama secara offline dan online yang di pimpin oleh Rm Carolus Putranto Pr.

Kemudian dilanjutkan dengan Pembukaan dan Pengantar oleh Ketua Panitia Ibu Theresia Eka Murti dan juga Pengantar dari Kanwil DKI yaitu Bapak Dr Salman Habeaan S.As.MM (Pembimas Katolik Kanwil DKI ). Dan dilanjutkan dengan Panel Presentasi sebagai berikut :

  1. Kompetensi Guru di Era Pandemi Covid 19 – Dr. Chatarina Muliana, SH.,SE.,M.H, sebagai Inspektur Jenderal Kemendikbudristek & Plt. Staf Ahli Menteri Bidang Regulasi
  2. Peran Strategis  Guru Pendidikan Agama Katolik di sekolah – Ibu Dra. Linda Siregar (Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Wilayah Timur 1 )
  3. Profesionalisme dan Moderasi Beragama bagi Guru Agama – RD. Victorius Rudy Hartono
  4. “Arah Kabijakan pastroral Keuskupan Agung Jakarta dalam bidang kateksese tahun 2021-2025”- RD. Carolus Putranto Tri Hidayat

Dan setelah ke empat Narasumber seleai presntasi diadakan Tanya Jawab.

Terima Kasih atas kebersamaan Para Guru Agama Sekolah Negeri dan Paroki pada hari ini, semoga apa yang telah kami berikan kepada Bapak dan ibu guru semua dapat diterima dan menjadi bahan bagi Pelayanan Bapak ibu di dalam mengajar anak didik di sekolah maupun di Paroki, dan akhir kata kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara ini.

“Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah di hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.” (Kolose 3:15)

Salam Katekese,

Ibu Theresia Eka Murti | Sekjen Komkat KAJ

SILAHKAN DOWNLOAD BAHAN PRESENTASI DI BAWAH INI:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.